National Innovation Forum Pamerkan 27 Produk Inovasi

Serpong –¬†Sebanyak 27 produk inovasi dan teknologi siap diperiksa dan produksi massal. Inovasi karya anak bangsa ini diharapkan terus dilirik industri.

Dalam rangka memperkuat hilirisasi produk riset ke industri, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menggelar National Innovation Forum (NIF) 2015 di Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Senin (13/4).

Pemanfaatan 27 produk inovasi tersebut pun resmi dituangkan melalui nota kerja sama dengan sejumlah sektor industri.

Menristekdikti Mohamad Nasir menyatakan, NIF bertujuan membangun komunikasi dan interaksi antara pelaku penelitian, dunia usaha, pengguna, masyarakat, dan pembuat kebijakan.

“Dari interaksi yang terjadi dapat diketahui peran serta masing-masing aktor inovasi dalam rangka mempercepat komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan,” katanya.

Ia juga berharap NIF menjadi titik tolak peningkatan kepercayaan dunia usaha atas hasil penelitian pengembangan dan perguruan tinggi.

“MoU pemanfaatan teknologi tersebut terbagi dalam tujuh fokus sesuai RPJMN 2015-2019 yaitu pangan, energi, kesehatan dan obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan serta material maju,” paparnya.

Salah satu contoh kerja sama yang dibangun seperti pengembangan pesawat N219 antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dan PT Dirgantara Indonesia.

Pemanfaatan inovasi lainnya, yakni perbaikan genetik bibit unggul sapi lokal Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan PT Karya Anugerah Rumpin dengan Pemkab Kupang PD Dharma Jaya. Benih padi Sidenuk, benih padi Gogo unggul, benih kedelai Mutiara 1, sistem penyimpanan beras berteknologi ozon, pigmen besi, oksida bahan campuran cat, nanoteknologi untuk komestik dan pangan.

Adapula prototipe teknologi material dalam implan stainless steel 316L dan obat herbal terstandar anti hipertensi.

Dalam kesempatan itu hadir pula Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri serta Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Presiden Joko Widodo pun mengunjungi ruang kendali utama dan teras reaktor nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional di Puspitek Serpong serta melihat demonstrasi terbang pesawat udara nir awak Alap-Alap yang dibuat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Ari Supriyanti Rikin, Suara Pembaruan.
Senin, 13 April 2015 | 19:55

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *